PENALARAN

Penalaran adalah proses berpikir yang bertolak dari pengamatan indera (pengamatan empirik) yang menghasilkan sejumlah konsep dan pengertian. Berdasarkan pengamatan yang sejenis juga akan terbentuk proposisi – proposisi yang sejenis, berdasarkan sejumlah proposisi yang diketahui atau dianggap benar, orang menyimpulkan sebuah proposisi baru yang sebelumnya tidak diketahui. Proses inilah yang disebut menalar.

Contoh : menyelesaikan masalah dengan kondisi tenang dan mencari alternatif lain, atau solusi lain yang lebih bermanfaat

Referensi : http://id.m.wikipedia.org/wiki/Penalaran

INDUKSI

Induksi merupakan perubahan atau penghantaran elemen yang terdapat pada benda yang memiliki kandungan ke benda yang masih netral, sehingga benda tersebut berubah memiliki suatu muatan. Induksi adalah imbasan atau influensi, atau sesuatu yang menyebabkan. Induksi merupakan pengaruh benda yang bermuatan listrik atau magnet, sehingga benda lain yang semula netral dapat bersifat listrik atau magnet. Bila sepotong besi lunak atau bida besi itu masih berada di dalam medan magnet, maka akan menjadi bersifat magnet. Ujung besi yang dekat dengan salah satu kutub magnet memiliki kutub yang berlawanan dengan kutub magnet itu. Peristiwa besi menjadi magnet disebut dengan induksi.

Contoh induksi : solder, kawat yang dililit dengan listrik akan menghantarkan listrik / panas, Rice cooker, setrika

Sumber: http://id.shvoong.com/exact-sciences/physics/2116451-pengertian-induksi/#ixzz1pC5MQ1K4

DEDUKSI

Deduksi berarti penarikan kesimpulan dari keadaan yang umum atau penemuan yang khusus dari yang umum. Metode deduksi akan membuktikan suatu kebenaran baru berasal dari kebenaran-kebenaran yang sudah ada dan diketahui sebelumnya (berkesinambungan ). Metode deduksi umumnya dipakai pada bidang matematika untuk membuat turunan-turunan rumus yang lebih simpel.

Deduksi juga dipakai sebagai bagian dalam proses penyelidikan, misal dalam kepolisian pada bagian forensik, serta pemecahan kasus oleh detektif yang memerlukan bukti-bukti yang tidak biasa. Contoh fiktif penggunaan metode deduksi dalam kehidupan detektif dimainkan dengan baik oleh Sherlock Holmes dalam setiap peristiwa.

Contoh induksi : memfokuskan pikiran kita untuk menyelesaikan masalah atau memecahkan suatu masalah demi terselesaikannya masalah tersebut.

Referensi : http://id.wikipedia.org/wiki/Deduksi

About these ads